Visi
“Menjadi Program Studi Pendidikan Jasmani Yang Unggul, Kompetitif dan Berkarakter Kepulauan Pada Tahun 2035”.
Deskripsi Visi:
- Unggul
“Unggul” mencerminkan cita-cita Program Studi untuk mencapai keunggulan akademik dan profesional dalam bidang pendidikan jasmani. Keunggulan ini ditunjukkan melalui mutu lulusan, kualitas proses pembelajaran, dosen yang kompeten, kurikulum yang relevan dan adaptif, serta kontribusi nyata terhadap masyarakat. Unggul juga berarti mampu bersaing dengan program studi sejenis baik di tingkat regional maupun nasional. - Kompetitif
“Kompetitif” berarti lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani PSDKU Aru memiliki daya saing tinggi di dunia kerja, mampu berinovasi, serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang olahraga dan pendidikan jasmani. Kompetitif juga mencakup kemampuan lulusan untuk bersaing di pasar kerja lokal, nasional, maupun internasional, baik sebagai pendidik, pelatih, penggerak olahraga masyarakat, maupun wirausahawan di bidang keolahragaan. - Berkarakter
“Berkarakter” merujuk pada nilai-nilai luhur yang menjadi identitas lulusan, seperti disiplin, sportivitas, tanggung jawab, kerja sama, kejujuran, dan kepemimpinan. Karakter ini dibentuk melalui proses pembelajaran yang tidak hanya fokus pada pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pada pembentukan sikap dan nilai-nilai moral yang sesuai dengan etika profesi dan budaya bangsa. - Kepulauan
“Kepulauan” menunjukkan identitas geografis dan sosial-budaya di mana Program Studi berada, yaitu di wilayah kepulauan Maluku, khususnya Kabupaten Kepulauan Aru. Konteks kepulauan mengandung makna bahwa kurikulum, pembelajaran, dan pengabdian kepada masyarakat harus kontekstual, relevan, dan berkontribusi terhadap pembangunan sumber daya manusia di wilayah kepulauan. Ini juga mencerminkan komitmen prodi untuk menjawab tantangan pendidikan jasmani di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). - Tahun 2035
“Tahun 2035” merupakan batas waktu pencapaian visi jangka panjang yang telah ditetapkan oleh Program Studi. Tahun ini menjadi tonggak pencapaian target-target strategis, termasuk perbaikan mutu berkelanjutan, pencapaian indikator kinerja utama (IKU), serta tercapainya lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter sesuai dengan visi yang telah ditetapkan.
Misi
Mengacu pada visi tersebut, maka penjabaran misi Program Studi Pendidikan Jasmani PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru sebagai berikut:
Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan olahraga yang berbasis IPTEKS (M1);
Menyelenggarakan Penelitian Pendidikan Jasmani dan olahraga dalam rangka pengembangan IPTEKS yang berorientasi Kepulauan (M2);
Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat Kepulauan dalam bidang Pendidikan Jasmani dan olahraga yang berorientasi kepulauan (M3)
Tujuan (Program Educational Objective)
- PEO 1: Menghasilkan lulusan yang unggul dalam penguasaan ilmu dan keterampilan penidikan jasmani
Lulusan mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan profesional dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan jasmani secara efektif, inovatif, dan sesuai perkembangan IPTEK. Keunggulan ini ditunjukkan melalui kompetensi mengajar, melatih, merancang program pembelajaran jasmani, serta mampu menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan jasmani di wilayahnya. - PEO 2: Menghasilkan lulusan yang kompetitif di dunia kerja dan mampu beradaptasi di berbagai lingkungan profesional
Lulusan memiliki daya saing tinggi dalam berbagai bidang profesi seperti guru PJOK, pelatih olahraga, instruktur kebugaran, wirausahawan olahraga, atau penggerak olahraga masyarakat. Mereka mampu beradaptasi dengan perubahan sosial dan teknologi, serta mampu bersaing di tingkat regional, nasional, maupun internasional. - PEO 3: Membangun lulusan yang berkarakter dan menjunjung tinggi etika profesi
Lulusan menunjukkan integritas, kedisi plinan, sportivitas, tanggung jawab, dan etika dalam praktik profesinya. Mereka menjad i teladan dalam membina peserta didik dan masyarakat melalui aktivitas jasmani yang membangun nilai-nilai positif, baik di lingkungan pendidikan formal maupun non-formal. - PEO 4: Melahirkan lulusan yang peduli dan berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan jasmani di wilayah kepulauan
Lulusan memiliki kepekaan sosial dan budaya dalam menghadapi tantangan geografis serta keterbatasan sumber daya di wilayah kepulauan seperti Kabupaten Kepulauan Aru. Mereka berperan aktif dalam memajukan olahraga dan pendidikan jasmani melalui pendekatan lokal berbasis komunitas, budaya, dan potensi daerah.
Kompetensi Utama Lulusan
Kompetensi Profesional dalam Bidang Pendidikan Jasmani
Lulusan memiliki penguasaan ilmu, prinsip, dan praktik pendidikan jasmani secara teoritis dan aplikatif. Kompetensi ini mencakup kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran jasmani yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di berbagai jenjang pendidikan.
Keterkaitan dengan PEO 1 (Keunggulan Akademik dan Praktis)Kompetensi Kepelatihan dan Manajemen Olahraga
Lulusan mampu mengelola dan melatih cabang olahraga tertentu berdasarkan prinsip keolahragaan modern dan sport science. Mereka memiliki pengetahuan dalam menyusun program latihan, manajemen pertandingan, serta pengembangan prestasi atletik di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Keterkaitan dengan PEO 1 & PEO 2 (Kompetitif dan Adaptif di Dunia Kerja)Kompetensi Adaptasi dan Inovasi dalam Dunia Kerja
Lulusan mampu bersaing di dunia kerja yang dinamis, beradaptasi dengan perubahan teknologi dan sistem pendidikan, serta berinovasi dalam praktik pembelajaran dan pengembangan olahraga. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan literasi digital, kewirausahaan olahraga, dan pemanfaatan media pembelajaran.
Keterkaitan dengan PEO 2 (Kompetitif dan Inovatif)Kompetensi Etika, Kepemimpinan, dan Karakter Kewargaan
Lulusan memiliki integritas, sportivitas, tanggung jawab sosial, serta etika profesi dalam setiap aspek kehidupannya. Mampu memimpin, membina, dan menjadi teladan dalam lingkungan kerja maupun masyarakat melalui nilai-nilai pendidikan jasmani.
Keterkaitan dengan PEO 3 (Berkarakter dan Etis)Kompetensi Sosial-Kultural Berbasis Kepulauan
Lulusan memiliki kepekaan terhadap konteks sosial, budaya, dan geografis wilayah kepulauan. Mereka mampu mengembangkan program olahraga dan pendidikan jasmani berbasis potensi lokal, seperti olahraga tradisional, kearifan lokal, serta pendekatan komunitas di daerah terpencil dan pesisir.
Keterkaitan dengan PEO 4 (Berbasis Kepulauan dan Kontekstual)Kompetensi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Lulusan mampu berperan sebagai agen perubahan dalam masyarakat melalui kegiatan olahraga, pembinaan kesehatan jasmani, dan pengembangan gaya hidup aktif. Mereka dapat merancang program pemberdayaan berbasis olahraga di lingkungan sekolah maupun komunitas.
Keterkaitan dengan seluruh PEO, terutama PEO 4
